About

GURU = Di Gugu dan Di Tiru


Ungkapan yang mengatakan bahwasanya GURU adalah sesosok yang pantas untuk di gugu dan di tiru merupakan ungkapan yang memang terbukti dan secara empiris sejak zaman baheula yang namanya guru ya mesti memberikan contoh yang baik kepada anak didiknya agar mereka tidak hanya dapat mentransfer ilmu pengetahuan saja, tetapi dapat mentransfer akhlak, moral dan bagaimana beretika yang baik. Tugas berat bagi seorang guru, tidak hanya mendidik siswa-siswinya hanya sampai pada kemampuan kognitif (pengetahuan) saja, ada hal yang menurut saya lebih penting, masih ada sisi afektif (sikap) dan psikomotorik (tindakan/praktek) yang harus diperhatikan oleh seorang guru.

Guru yang baik harus menjadi suri teladan bagi siswa-siswinya, menjaga akhlak, menjaga perilaku, agar citra dirinya sebagai pendidik yang dapat diteladani benar-benar terealisasi. Masalah penghargaan yang memang tidak terlalu berlebihan yang didapat seorang guru hendaknya tidak dijadikan alasan untuk tidak sepenuh hati menjalankan tugas.

Guru adalah tugas mulia, yang akan tetap dikenang sepanjang masa. Bukankah para ilmuan masa kini sekalipun tetap harus melewati masa belajar membaca tertatih-tatih saat berada di sekolah dasar. Guru mulia jasamu, teladan muridmu, teguhkan hati selalu.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar