About

Lingkungan Belajar yang Baik

Lingkungan belajar mempunyai peranan yang sangat penting untuk melaksanakan proses pembelajaran. Misalnya saja begini, lingkungan belajar yang lengkap dengan sarana dan prasarana yang memadai tentunya akan lebih memudahkan para pendidik untuk melakukan tugasnya dengan baik, dan sebaliknya, akan ada hambatan jika ternyata lingkungan belajar tidak layak untuk dijadikan tempat pembelajaran. 

Seorang guru yang baik mesti dapat membentuk lingkungan belajar mengajar yang baik untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan perencanaan yang sebelumnya sudah disusun. Bagaimana mesti mengelola kelas, mengelola penyampaian pembelajaran, mengatur posisi tempat duduk pada setiap metode  yang berbeda (setiap metode mempunyai karakter tersendiri, dan biasanya juga akan dapat lebih mudah dilaksanakan jika ada penyusunan tempat duduk yang sesuai).

Rupanya bukan hanya sebagai wahana belajar di sekolah saja, lingkungan belajar juga ada di rumah. Lingkungan belajar di rumah memang bukan lingkungan belajar yang formal, tetapi anak-anak juga mendapatkan pembelajaran di rumah, melalui beberapa teladan dan bimbingan dari orang tuanya. Walaupun tanpa itu, anak-anak secara alamiah tetap akan menyerap tingkah laku orang-orang yang berada dalam lingkungan hidupnya, dan akan mencontohnya.

Sebagai guru di sekolah, sebagai orang tua di rumah, kita harus benar-benar membentuk lingkungan yang sebenarnya adalah lingkungan belajar bagi anak-anak menjadi lingkungan yang kondusif untuk pembentukan pengetahuan, keagamaan, moralitas, dan perkembangan psikomotorik yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar