About

Tanggung Jawab Orang Tua dalam Mendidik Anak

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang tengah dialami oleh negeri ini ternyata selain membawa berkah dan berjuta kemudahan juga membawa dampak negatif untuk anak-anak. Betapa tidak, era informasi seperti saat ini telah menghantarkan kita menuju gelombang yang telah mendekatkan kita satu sama lainnya.
Adanya internet dan segala macam fasilitasnya menuntut orang tua untuk turut menjaga anak-anaknya agar semua yang mereka serap dari dunia maya tidak menjadikan mereka lupa bahwa mereka adalah sesosok anak yang merupakan harapan orang tua di kemudian hari.
Fungsi-fungsi keamanan seperti parental control memang telah disediakan, tetapi apakah kita hanya memproteksi anak sebatas itu saja? Saya rasa tidak cukup, kita mesti tahu persis bagaimana perkembangan anak, bagaimana perkembangan IQ, EQ dan skill yang mereka miliki. Anak-anak bisa saja lebih cerdik dari pada kita, mereka juga mempunyai banyak cara untuk mengelabuhi orang-orang yang mereka anggap penghalang dalam melakukan sesuatu yang mereka inginkan.
Menjaga anak-anak dari pengaruh efek negatif internet adalah tanggung jawab kita semua, dan bukan merupakan suatu yang mencampuri urusan orang lain jika kita harus menegur jika ada anak-anak yang melakukan sesuatu yang tidak semestinya mereka lakukan dengan internet, di Warnet, handphone dan segala macam sarana koneksi internet lainnya.

Sebagai orang tua, dan calon-calon orang tua bagi mereka yang belum berkeluarga, merupakan sebuah tanggung jawab yang besar bagaimana mendidik anak dengan baik. Pada masa perkembangan zaman yang sudah serba mudah seperti saat ini, anak-anak sangat riskan dengan pengaruh negatif, dengan pendidikan akhlak / budi pekerti yang baik sejak dini diharapkan anak dapat melewati semua ini dengan pilihan-pilihan yang mereka pilih dengan bijak dan berdasarkan prinsip-prinsip menuju dan untuk kebaikan. Dan pendidikan akhlak / budi pekerti itu harus kita mulai dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar